Langkah pertama memang selalu berat, tapi langkah berikutnya akan terlalui begitu saja. Semua pasti pernah ngalamin hal kaya gini. Ngerti kan maksudnya?

Misalnya gini….waktu kita mau belajar untuk ujian besok, pasti memulainya susah banget. Males, ngantuk, dll. Tapi begitu kita mulai, rasanya ngga seberat ketika awal akan memulainya.

Atau…misalnya hari ini ada kelas senam. Duh rasanya males banget berangkat dan mulai senam. Tapi setelah kita lawan rasa itu dan memulai senam. Semua berlalu begitu saja….bahkan kadang menyenangkan.

Apalagi kalau langkah awal itu adalah ‘the first time we do that’, pasti terasa lebih berat lagi. Seperti yang Maria Renata di iklan Lux bilang : “There’s always the first time in everything u do”. Kalau ngga diawali, kapan kita bisa maju. Kalau kita ngga mencoba, kapan kita tau kalau itu akan berhasil atau gagal.

Begitu juga kalau kita mau memulai bisnis. Di awal, rasanya takut dan males. Ah rasanya kok bakalan cape ya, blm tentu untung lagi. Lalu mikirin kemungkinan2 buruk, gimana kalau ngga laku, gimana kalau bangkrut, gimana kalo cape, dsb dsb…Yah, kalo ngga diawali gimana kita bisa tau.

Aku mulai jualan Burger Edam beberapa taun yang lalu, dan walopun ujung-ujungnya emang ngga untung, tapi aku udah tau gimana rasanya jualan. Gimana rasanya punya pegawai & gimana rasanya rugi. Hehe…

Ngga cuma bisnis, tapi ini berlaku untuk apapun yang ingin kita lakukan. Misalnya aku dari dulu pengen banget bisa maen gitar. Akhirnya aku memutuskan untuk kursus, ngga peduli disebut ke-tua-an sama guru gitar yang pertama. Walopun sekarang ga jago, tapi sedikit cita-cita udah tercapai, yaitu bisa main gitar, dan ngga penasaran.

Salah satu temenku belajar naek sepeda di umur 20-an. Dan banyak contoh lainnya.

Sampe sekarang, ngga pernah ada waktu yang tepat untuk memulai hal yang ingin kita lakukan. Ngga ada kata terlambat atau kecepetan. Jadi kalo punya niat melakukan sesuatu, lakukan sekarang.

Jadi…melangkahlah sekarang, jangan buang-buang waktu…