Guest lecture kemaren adalah pengusaha bunga lily, yang udah jadi pengusaha bunga terbesar di asia tenggara. Hebat ya? Tadinya udah kebayang akan datang seorang eksekutif muda, gaya…tapi ternyata yang datang seorang ‘mas-mas’ pake pake batik dan tas tenteng, sambil bawa 3 ikat bunga. Sederhana banget dan rendah hati.

Ternyata bliow dulunya anak itb juga, cuma sayang putus sekolah. Tapi itu ada hikmahnya, krn sekarang justru jadi pebisnis yang bisa dibilang sukses. Banyak pengusaha sukses yang ngga tamat sekolah, atau ngga sekolah tinggi. Misalnya martha yang jadi pengimpor pemaen bola asing ke sini, atau pak soni sugema yang punya ssc, dll.

Masalahnya sekarang, apa kalo mau sukses bisnis ngga usah sekolah? Kalo kata aku, sekolah itu hubungannya ama tanggung jawab, terutama terhadap diri sendiri. Aku punya cita-cita punya usaha sendiri, tapi aku juga pengen sekolah terus. Jadi aku sempet kesel ama beberapa pihak yang bilang “ngapain sekolah lagi, bukannya kamu mau bisnis?”. Seolah-olah, kalo mau jadi pebisnis ya ngga perlu sekolah tinggi2. Ngapain, katanya. Menyedihkah😦

Jeremy Thomas juga bilang TIDAK dengan keras, untuk putus sekolah gara2 mau bisnis. Ngga ada korelasi yang jelas antara putus sekolah dan kesuksesan bisnis. Katanya sekolah itu membantu membentuk kerangka berpikir. Tuh kan…

Jadi jangan bosen sekolah…walopun udah tamat sekolah blm tentu sukses juga sih…hehe…kaya aku😀