IMG_1841.-editjpgBanyak banget fasilitas yang disediakan pemerintah Jepang buat warganya yang lagi hamil, terutama hamil anak pertama. Salah satunya kelas penyuluhan, diadakan di kantor pemerintah setempat (shiyakusho). Mungkin kalo di kita mirip2 kantor kelurahan atau kecamatan, tapi versi lebih bagus hehe.

Penyuluhannya diadakan dalam 3 kali pertemuan. Harusnya dari awal2 hamil udah ikut kelas ini, tapi aku baru ikut di saat hamil 7 bulan. Waktu Ngkoh ngedaftarin kehamilanku di kantor itu, ternyata kita dapet buku yang isinya jadwal penyuluhan, dan ternyata diadakan tiap bulan. Dasar bego, ngga bisa baca, jadi itu buku aku simpeeennnn aja. Untung ketemu orang Jepang baik hati yang nyari-in & ngedaftarin namaku ke sesi penyuluhan bulan ini. Bukan itu aja, malah mereka nyediain penerjemah buatku. Hebat ngga sih?

Pertemuan 1

Dijelasin tentang :

  • Yang dirasakan ketika hamil
  • Masalah2 seputar kehamilan
  • Pakaian yang dianjurkan, misalnya pregnancy belt, “sarashi”, dll
  • Cara senam sederhana biar punggung rileks
  • Tanda2 akan melahirkan
  • Proses melahirkan & yang harus diperhatikan ketika itu

Pertemuan 2

  • Dijelasin tentang :
  • Seputar nutrisi yang penting untuk ibu hamil, pembicaranya dari Takeda
  • Bahan-bahan makanan di Jepang yang bisa memenuhi keperluan nutrisi
  • Acara masak bersama(yang ini aku ngga ikut, soalnya masak babi hehe)

Pertemuan 3

IMG_1840-edit

  • Pemeriksaan gigi
  • Praktek cara menyikat gigi yang baik, termasuk pake dental floss (kita dibagi sikat gigi  & dental floss)
  • Praktek cara gendong bayi yang baru lahir
  • Praktek cara pake-in baju dan popok
  • Penjelasan tentang baju2 yang diperlukan buat bayi baru lahir, termasuk jenis barang2 yang recommended dan unrecommended untuk dibeli.