Picture source : http://darrengarnick.wordpress.com

Kalau yang kemaren itu kelas penyuluhan buat ibu hamil di shiyakuso (kantor kelurapregnancyprofilewebhan/kecamatan). Sekarang, ada lagi Parent Class yang diadain rumah sakit, hukumnya wajib buat yang baru hamil & umur kehamilan udah 30 minggu. Kali ini datengnya harus sama suami, jadi kita udah reserve jauh2 hari bisanya kapan. Maklum, suami2 jepang kan pada sibuk…hehe…padahal Ngkoh kan sekolah, jadi harusnya bisa diculik kapan aja😀

Dari jauh2 hari juga, RS minta kita bawa penerjemah sendiri, kalo bisa orang jepang. Untung dapet. Jadi datanglah kita bertiga ke sana. Kita dateng telat 5 menit hehe….malu2in ya? dasar orang indonesia.  Ternyata di situ udah ada 3 pasang suami-istri, semuanya orang jepang. Pertama kita saling mengenalkan diri. Setelah itu si trainer nyerocos heuheu…sampe penerjemahku bingung gmn nerjemahinnya.

Keseluruhan acaranya kaya gini :

  • Penjelasan tentang proses ngelahirin, tanda2nya apa, trus kapan harus telepon rumah sakit dan siapa yg telepon. Tenyata harus yang hamil yg telepon.
  • Trus liat2 tempat bersalin…kita disuruh pake baju rumah sakit biar steril. Suami2 disuruh nyoba meja bersalin dengan posisi ngelahirin. Biar ngerasain kali, kaya apa suasananya kalo sedang ngelahirin.
  • Udah itu kembali ke ruang training. Suami2 diajarin mijet istri biar rileks…hehe enaknyaaaaa. Mijet ini katanya penting kalo pas kontraksi2 gitu, biar ngebantu rileks. Sekarang tiap hari aku minta Ngkoh  berlatih hihihih alesan latihan, padahal aku ketagihan, enak bgt pinggang & punggung yang pegel2 dipijet hehe.
  • Suami2 disuruh pake “perut hamil bohongan”, yg ternyata disebut “empathy belt”. Bentuknya kaya di gambar, kayanya diisi pasir soalnya berat banget.  Tapi katanya itu seberat perut hamil beneran. Trus mereka disuruh tidur dan bangun….pada ribut “wah beraat beraat”…hehe bagus…bagus…biar ngerasain hamil kaya apa rasanya.
  • Belajar gendong bayi bohongan, tapi belajar juga gendong bayi beneran yg baru lahir…takuuutt.
  • Terakhir, dijelasin apa aja yg harus dilakukan suami di tempat bersalin. Mereka disuruh nyediain minuman manis, jadi kalo aku lemes pas ngeden Ngkoh harus ngejejelin aku minuman manis.
  • Trus dikasih tau juga apa2 aja yg perlu disiapin buat nginep di rumah sakit. RS udah nyediain pembalut pasca bersalin, breast pad, baju bersalin, sendal, keperluan bayi, dll. Jadi kita tinggal bawa keperluan sendiri aja kaya piyama, anduk, kosmetik, dll. Ngga lupa minuman manis hehe.

Senengnya abis ikut kelas ini…:)