Di awal kehamilan aku & Ngkoh kuatir ama biaya yang harus dikeluarin pas ngelahirin. Tapi ternyata gratis tis tiiiss. Dari asuransi dikasih  ¥420.000. Waktu kita daftar kehamilan (bulan Mei) di kantor pemerintah, jatahnya masih ¥ 350.000.  Tapi sejak bulan Oktober, jatahnya meningkat jadi ¥420.000. Alhamdulillaaahh. Jadi kita cuma perlu bayar biaya kamar selama 7 hari, kira2 kita ngeluarin sebesar kurang lebih ¥ 50.000.

Proses klaim asuransinya pun dipermudah. Di bulan Oktober, karena ada kebijakan baru, aku dapet form dari rumah sakit yang isinya kurang lebih tentang kenaikan jatah klaim asuransi jadi ¥420.000, dan di situ ada pilihan apa kita mau uang dari asuransi dikirim langsung ke rumah sakit, atau dari asuransi ke rekening kita? Aku pilih yang langsung ke rumah sakit aja biar ngga ribet dan tau beres.

Waktu check out, kita hanya membayar biaya kamar sekitar ¥50.000. Karena waktu itu pas akhir taun dan libur, jadi biaya booking kamar sebesar ¥200.000 baru bisa diambil pas check-up bayi umur 1 bulan. FYI, uang booking udah dibayar waktu hamil 3-4 bulan, sebagai tanda kalo kita mau ngelahirin di situ.

Prosedur untuk ngelahirin di Jepang, semua yang ngurus Ngkoh.

Prosedur surat2 apa aja yang harus dibereskan setelah ngelahirin di Jepang, Ngkoh juga yang ngurus.